Perlunya Jailbreak


By Anwar Thamrin

Dear RR,

Ijinkan saya untuk sekedar sharing mengenai hal jb.

Jb banyak diartikan oleh para users untuk dapet app gratisan via apptracks or web portal lainnya. Saya sendiri jarang bgt pake apptrackr kecuali pengen ngetes app ini itu n baru diinstall n setelah berasa berguna baru beli di itunes.

Nah saya perlu di jb untuk tweaks sbb:
– Celester Bluetooth File Transfer
Saya perlu banget ini. Why? Bayangkan koneksi lagi ancor, data, pics, file dll harus di transfer. Ga bisa pake icloud or cloud storage lainnya karena koneksi parah. Ga bawa laptop cuman modal iphone/ipad saat miting harus ambil data dr client. What can we do? We only rely on bluetooth file transfer (lain crita kalo pake android ada usb otgnya). Apple create bluetooth buat apa ya? Kondisi jailed buat detect mbp saya aja failed mulu gimana mau transfer file? That’s y we need jb to gain access via bt.

– iFile
Apa ada app yang bisa akses system idevs di appstore? Setau saya ga ada. Paling banter ifiles di appstore cuman bisa akses contact, pics (dcim). Dgn adanya ifile ini kalo bawa converter cukup colok flashdisk n filepun bisa dipindah2. Or bisa akses system, bersihin trash files, dll (ini file explorer yang ga ditemukan di jailed idevs).

– Activator, Action menu, Sbsetting
Yah dgn adanya ios 5 untuk menghemat pemakaian home button bisa pake assistive touch. Tapi bagaimana untuk quick access ke hal2 lain? Multigestures oke lah. Itu di iPad. Lah kalo iPhone? Hehehe multigestures di iPhone bisa dgn sarat harus di jb.

– Fonts, Themes
Untuk yang jailed lupakan hal ini. So kita dipaku oleh kondisi yang gitu2 aja. Bosen dgn tampilan dll ya pasrah aja trima nasib. Dgn jb bisa pake bytafonts, mau apply themes juga bisa. Tapi saya pribadi ga pake themes sih karena untuk iphone4 bisa ngelag. Sebatas ganti icon2nya aja jadi hd.

– RTFM, anyattach
Kondisi jailed untuk attach images ya kerja ga efisien, bolbal gallery untuk copy n attach ke docs. Dgn anyattach cukup one tap tinggal attach apapun bisa. Saya butuh RTFM kalo saya mau presentasi. Points penting either saya bold, underline, pake any colors or italics.

– Wekillbackground pro
Mau one touch kill all running background n clear ram? Ya bisa sih dgn jailed pake multigestures swipe 4 jari keatas n matiin atu2. Ribet kan?? Dgn adanya WKBP cukup one tap n kill all.

– Pushtone
Mau kasih tones untuk msg2 notifikasi seperti email dll susye kondisi jailed. 1 bunyi untuk 5 mail sama aje. Kondisi yang berbeda kalo pake pushtone dimana saya bisa bedakan mail mana yang masuk or app apa yang ada notifnya tanpa perlu saya liat (kadang kepake kalo lagi nyetir sendiri).

– iWhiteboard
Pengen corat coret ala gnote di iPhone or iPad? No worries. It can be done by this. Jailed? Lupakan saja.

– Infinidock
Stagnan di dock yang cuman mentok 4 di iPhone or iPad? Mau pake swipe trus kalo kita butuh akses cepet click icon? Ya pake infinidock. Bisa max 10 icon dijejerin (iPad saya 10 sih per pages, total ada 20 dgn 2 pages). Saya taro yang penting2 aja.

– My3G n MyWi
Butuh donlot app diatas 20mb? Lupakan kalo jailed. Harus nyari wifi access. Dengan adanya My3G hal ini bisa diatasi. Push trus aja koneksi sampai donlot or update kelar. Mau tethering? Bisa sih dengan personal hotspot. Tapi terbatas antara sesama mac devs only. Coba tethering ke windows, bb dsb. Lupakan.

– IntelliscreenX
Pengen bikin notif jadi keren ya pake ini.

– inapp
Yah karena hal ini tabu saya ga bahas deh. Cari tau sendiri aja nyak soal ini :p

Masih banyak lagi tweak2 sebenarnya yang ga saya pake karena saya hanya memilih beberapa tweaks yang penting saja buat saya. N harus diinget tweaks kebanyakan bisa bikin idevs jadi lemot. So make sure choose the rite tweaks for ur daily usage n make sure those tweaks r useful for u. N jangan nanya saya yah ini itu dapet darimana. Usaha sendiri yah wkwkwk.. Saya hanya info aja sekilas mengenai tweaksnya.

Akhir kata, saya bukan siapa2, saya hanya sekedar berbagi pengalaman. Kalo ada kekurangan n kesalahan pemakaian kata saya mohon maaf, maklum saya masih nubie bgt. Banyak yang happy dengan kondisi jailed so I don’t have any intentions to against u all. Sekali lagi ga ada maksud mau melanggar rules or whatsoever. Terima kasih atas jalumnya n semoga sharing ini bermanfaat bagi rekans semua.

Salam sejahtera…
Regards,
Anwar Thamrin

Leave a Reply

