Matikan in-App Purchasing di iOS anda!


Model pembelian app online seperti yang Apple lakukan dengan App Store terbukti menjadikan proses pembelian app menjadi mudah, bahkan kini di dalam Aplikasi kita bisa membeli fungsi tambahan misal untuk aplikasi game, kita bisa membeli koin atau item2 tambahan.

Akan tetapi kemudahan itu bisa berujung mejadi bencana, seperti yang terjadi dengan salah satu member id-ipad:

Bro and Sis,

Ingin tanya neeh dan sekaligus mohon sharing jika pernah mengalaminya. Sy br dapat notifikasi dari Itunes Store ada sejumlah pembelanjaan sebesar 50 dollar krn pembelian “club cash” dari game nightclub story dan “prestige point” dari game racing live.

Game tsb dimainkan oleh anak saya yg umurnya 8 tahun, tp apakah bisa tanpa password utk ID itunes hal begituan bisa di download?

Kira apakah bisa dibatalkan ya?

trims atas sharingnya

Sepertinya tidak ada solusi dari masalah diatas bila memang sudah terjadi, yang bisa kita lakukan adalah mencegahnya dengan mematikan fasilitas in-app purchase di iOS device kita.

Yang perlu kita lakukan adalah:

Settings > General > Restrictions

bagian allowed content, In-App Purchases di set Off

dishare oleh member id-pad hendry

20111227-173711.jpg

Kalau sudah terlanjur terbeli bisa mencoba seperti yang Bro Raditya lakukan, begini sharenya:

  1. Masuk saja ke web-nya apple dan coba cari laman support dan terus ke express-lane.
  2. Di express-lane ada beberapa pilihan, kalau tidak salah saya pilih laman ‘account dan billing’, terus ikuti saja cara pengisiannya tapi yg pasti akan dimintakan nomor purchased item dan ID item yg dibeli (ada di tagihan dari Itunes yg dikirim ke apple ID kita)
  3. Dari apple support akan mengirimkan e-mail ke e-mail kita di apple (apple ID) dan memberikan nomor complaint. Tidak lama setelah itu, CS apple akan kirim e-mail lagi ke kita, yang isinya cuma memberitahu he/she is working on it. Biasanya butuh waktu beberapa hari utk konfirmasi apakah complaint diterima atau ditolak.Kebetulan utk kasus saya semua komplain (total 4 purchased item) diterima jadi semua direfund. Mungkin (menurut saya) karena yg dibeli semacam ‘cash/full energy’ atau semacamnya yg biasanya banyak dijual di game2, maka full refund (krn utk hal ini tdk perlu Apple ID dan password). Sy tdk tahu jika yg dibeli adalah applikasi apakah akan di refund (krn perlu Apple ID dan password).
  4. Ada pengalaman lain juga, jika sedang proses download applikasi yg dibeli di Itunes maka jika anak kita tanpa sengaja juga meng-klik ‘beli’ aplikasi lainnya maka otomatis juga akan terbeli tanpa perlu Apple ID dan password
  5. Jangan lupa jika sudah ada konfirmasi refund dari Itunes, perlu juga cross check ke bank issuer cc. Karena dari pengalaman yg lalu, pihak Itunes bilang sudah refund tp ternyata belum diterima oleh Bank CC padahal sudah hampir 2 minggu. Akhirnya, pihak Itunes memproses lagi dan beberapa hari kemudian saya cross check ke bank cc dan sudah ada refund, tapi ya itu rugi di kurs.
  6. Sekarang, restrictionnya di ipad sudah saya aktifkadSemoga membantu

Raditya

Atau kirim email ke:
iTunesStoreSupport@apple.com
Lalu ceritakan apa yang terjadi..

One thought on “Matikan in-App Purchasing di iOS anda!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s