Authorized dan Syncing iOS Device


Ada pertanyaan menarik di milis id-ipad:

Mau tanya..
Kan kita bisa share aplikasi original yg kita beli ke ipad non JB yg lain..(Dengan batasan2 tentunya)
Pertanyaannya :
1. Apakah ada maksimal jumlah device yg bisa kita share menggunakan aplikasi original kita.
2. Apakah tindakan “sharing” ini Legal atau Ilegal mnrt Apple, khan sekrg juga banyak yg jual app original tuh…
Thanks before

Sebelumnya kita harus mengerti apa itu Authorized, dan Syncing versi Apple.

iOS device yang kita punya baik itu iPhone, iPod dan iPad diperkenankan untuk di Sycnronized di komputer yang kita punya, dengan syarat komputer tersebut harus di Authrorized terlebih dahulu dengan Apple ID sesuai dengan Apple ID device kita, dan Apple memperkenankan sebanyak-banyaknya 5 buah komputer di Authorized dengan Apple ID yang sama, misal untuk komputer rumah, di kamar, di ruang kerja, di kantor, dan di Laptop🙂
Setelah di Authorized maka iOS device yang kita punya bisa di Syncronize di komputer2 tersebut, tanpa ada batasan limit. Jadi misalkan anda mempunyai iPhone, iPod, iPad untuk setiap anggota keluarga anda yang isinya 10 orang, maka semua device tersebut bisa di sync tanpa batasan pada semua komputer yang telah di Authorized tadi, tapi tentunya semua device tersebut akan mempunyai isi yang sama.

Nah sekarang menjawab pertanyaan diatas:
1. Jawaban no 1 sudah terjawab: Untuk Authorized maksimum adalah 5 komputer/Apple ID, sedangkan Syncing Apple tidak memberikan batasan.
2. Apakah Legal atau tidak? selama device-nya milik anda bukan hasil colongan, tentunya legal-legal saja. Yang menjadi menarik adalah karena akhir2 ini beredar praktek mengisikan aplikasi orginal pada iPad oleh para pelaku bisnis. Apakah ini tetap legal?
Menurut pendapat pribadi saya sih Apple mungkin belum sadar atau tidak peduli, karena selama si user membeli si iPad secara legal tentunya mereka tidak bisa berbuat apa2, kecuali kalau kedepannya banyak developer yang protes, itu ceritanya akan menjadi beda lagi🙂.

Hanya perlu di perhatikan bahwa banyak yang tidak mengerti proses Authorized dan Syncing versi Apple, jadi setelah mereka mengisi iPad mereka dengan membayar jasa “Pengisi Aplikasi Original” mereka menjadi bingung kenapa setelah mereka mencoba untuk mengsyncing iPad mereka di komputer mereka, mendadak si iTunes menolak atau malah menghapus semua aplikasi yang sudah ada.

Jadi perlu diingat bahwa proses Authorized dan Syncing ini menempel erat pada Apple ID, tanpa mengetahui Apple ID dan password si pengisi iPad kita, tentunya kita tidak menambahkan/mengpdate apapun di iPad kita itu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s